RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ semester : X/GAnjil
Pertemuan ke : 1
alokasi waktu : 1 x 45 Menit
Standar kompetensi : Menggunakan operasi dan sifat manipulasi aljabar dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
Kompetensi dasar : Menggunakan sifat dan aturan persamaan kuadrat dalam pemecahan masalah.
Indikator : Menentukan Akar-akar Persamaan Kuadrat Dengan Permfaktoran dan Rumus abc.
· A Tujuan pembelajaran : Siswa dapat Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan fungsi kuadrat.
· B Materi pembelajaran : Persamaan dan fungsi kuadrat.
· C Materi Prasyarat : Mengetahui tanda yang digunakan dalam operasi pertidaksamaan
· D Model / Metode pembelajaran:
· Metode : 1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Penemuan
· E Skenario Pembelajaran :
Tahap pembelajaran kegiatan awal
No | Aktivitas guru | Aktivitas siswa | Alokasi waktu |
1 2 | Memberikan salam pembuka Mengelolah kelas | Menjawab salam guru Mencatat topik dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai | 5 menit 7 menit |
Tahap pembelajaran kegiatan inti
No. | Aktivitas guru | Aktivitas siswa | Alokasi waktu |
1 | Menerangkan cara menentukan penyelesaian persamaan dan fungsi kuadrat. | Mencatat permasalahan yang disampaikan guru | 20 menit |
Tahap pembelajaran kegiatan penutup
No | Aktivitas guru | Aktivitas siswa | Alokasi waktu |
1 2 | Guru dan siswa membuat rangkuman Guru membut tugas rumah (PR) | Mendengar dan member komentar Mencatat | 10 menit 3 menit |
· F Sumber pembelajaran : Buku paket matematika
· G .Penilaian : 1. Kuis
2. Tes lisan
3. Tes tulis
4. Pengamatan dan penugasan
RUBRIK PENILAIAN
No. Soal | Uraian Jawaban | Skor Perolehan | |
1 |
2x2 + 5x + 3 = 0, maka a = 2, b = 5, dan c = 3 -4x2 + 25 = 0, maka a = -4, b = 0, dan c = 25 3x2 + 11x = 0, maka a = 3, b = 11, dan c = 0 | 25 | |
2 | Tentukan Himpunan dari : a) x2 – 8x + 15 = 0 Penye. x2 – 8x + 15 = 0 (x – 3)(x – 5) = 0 x – 3 = 0 atau x – 5 = 0 x = 3 atau x = 5 Jadi, Hp.= {3, 5} b) x2 + 6x = 0 Penye. x2 + 6x = 0 x(x + 6) = 0 x = 0 atau x + 6 = 0 x = -6 Jadi, Hp. = {0, 6} | 50 | |
| Skor Maximum | 75 |
Medan, 25 Maret 2011
KEPALA SEKOLAH GURU KELAS
Drs. Holong Sipahutar. M. Pd Halomoan Sitorus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar